Bali United & PSM Makassar Mewakili Indonesia Di Piala AFC 2022

By ommed


nusakini.com - Bali United dan PSM Makassar, dipilih PSSI untuk mewakili Indonesia di Piala AFC 2022. Kedua klub itu juga sudah menerima surat penunjukkan dari federasi sepakbola Tanah Air tersebut.

Ada sejumlah alasan yang membuat kedua klub tersebut ditunjuk PSSI. Bali United dipilih karena status juara Liga 1 2019, dan sampai sekarang belum ada penggantinya.

Pandemi virus corona yang melanda tahun lalu, membuat PSSI membatalkan Liga 1 2020. Akibatnya, Bali United masih menyandang status juara bertahan.


Sedangkan pada Liga 1 musim ini belum diketahui siapa yang menjadi juara. Kompetisi kasta tertinggi Indonesia tersebut sedang bergulir dan memasuki pekan ke-17.

Sementara PSM, dipercaya menjadi wakil Indonesia untuk bermain di Piala AFC 2022 karena menjuarai Piala Indonesia 2019. Juku Eja, merengkuh trofi tersebut usai mengalahkan Persija Jakarta, pada final.

Alasan lainnya adalah hasil Club Licensing Cycle 2021. Bali United dan PSM, dinyatakan lolos sehingga menyadang sebagai klub profesional oleh AFC pada tahun ini.


AFC juga sudah menyetujui Bali United dan PSM, tampil di Piala AFC 2022. Kedua klub tersebut bakal berjuang untuk mengharumkan nama Indonesia pada ajang bergengsi itu.

Sebelumnya, PSSI menunjuk Bali United dan Persipura Jayapura, untuk berlaga di Piala AFC 2021. Akan tetapi, kedua klub tersebut gagal berpartisipasi setelah AFC membatalkan semua pertandingan zona Asia Tenggara akibat pandemi virus corona. (gi/om)